DENGAN INI KAMI MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN PELAYANAN KESEHATAN SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG TELAH DITENTUKAN DENGAN PENUH RASA TANGGUNGJAWAB DAN APABILA KAMI TIDAK MENEPATI JANJI KAMI SIAP MENERIMA SANGSI SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU
Kepuasan masyarakat adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Survei Kepuasan masyarakat bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas Puskesmas Melayu Kota Piring menyelenggarakan survei terkait dengan kepuasan masyarakat. Diharapkan dengan semakin meningkatnya kepuasan masyarakat atas suatu pelayanan berarti semakin baik pula kualitas pelayanan yang diberikan.Survei dilakukan setiap 6 bulan (semester) atau 1 (satu) tahun sekali, dan berikut kami samapikan hasil survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas melayu kota piring
Hasil data Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Melayu Kota Piring periode Jan-Mei 2022
NO |
UNSUR SKM |
NILAI INTERVAL (NI) |
NILAI INTERVAL KONVERSI (NIK) |
MUTU PELAYANAN (X) |
KINERJA UNIT PELAYANAN (Y) |
1 |
Persyaratan |
3,27 |
81,87 |
B |
BAIK |
2 |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
3,32 |
83,16 |
B |
BAIK |
3 |
Waktu penyelesaian |
3,23 |
80,84 |
B |
BAIK |
4 |
Biaya/tarif |
3,37 |
84,28 |
B |
BAIK |
5 |
Produk Spesifikasi jenis pelayanan |
3,29 |
82,39 |
B |
BAIK |
6 |
Kompetensi pelaksana |
3,28 |
82,13 |
B |
BAIK |
7 |
Perilaku Pelaksana |
3,29 |
82,47 |
B |
BAIK |
8 |
Sarana dan Prasarana |
3,29 |
82,30 |
B |
BAIK |
9 |
Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
3,24 |
81,10 |
B |
BAIK |
|
TOTAL NILAI |
3,61 |
90,25 |
A |
SANGAT BAIK |
Menurut rumus perhitungan table Sampel Morgan dan Krejcie. Indeks Kepuasan masyarakat Puskesmas Melayu Kota Piring bulan Jan-Mei tahun 2022 adalah 90,25. Nilai ini diperoleh dari total keseluruhan nilai SKM (survei kepuasan masyarakat). Maka dari itu indeks kepuasan masyarakat Puskesmas Melayu Kota Piring adalah A (Sangat Baik).
Bila dibandingkan dengan hasil survei pelanggan tahun, 2019, 2020, 2021 dan 2022 maka didapatkan hasilnya adalah sebagai berikut:
UPTD Puskesmas Melayu Kota Piring adalah unit pelaksana teknis dibawah Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang yg memiliki wilayah kerja dua kelurahan yaitu kelurahan melayu kota piring dan kampung bulang di Kecamatan Tanjungpinang Timur